Agar ban mobil bisa awet dan tahan lama

Ban Mobil
Cara merawat ban mobil agar awet

Ban memiliki peran penting untuk membuat mobil melaju, karena itu ban memerlukan perawatan agar peformanya tetap gemilang. Manajer Teknik PT. Bridgestone Tire Indonesia (BTI) Agus Sarsisto memberikan beberapa tips untuk merawat ban agar awet muda.

Pertama, tekanan angin harus sesuai dengan ukuran ban karena akan membuat bidang kontak ban lebih baik dan merata sehingga lebih tahan lama. Jika tekanan angin tidak merata maka pengikisan ban akan cepat terjadi dan menyebabkan ban aus atau pecah. "Nyawanya ban adalah angin karena itu pengemudi harus mengecek kondisi ban secara konsisten," katanya.

Kedua, pemilik mobil harus melakukan uji spooring dan balancing setiap kecepatan 5.000 KM untuk mengetahui keselarasan roda dan putaran roda berputar pada titik yang sama, mengingat kondisi jalan yang berbeda-beda.

Ketiga, pengemudi harus menerapkan cara perilaku berkendara yang baik dan benar seperti tidak melakukan pengereman mendadak dan 'quick start' serta keluarkanlah barang-barang di dalam mobil yang tidak perlu sehingga bobot kendaraan lebih ringan. "Mengemudi sebaiknya yang wajar dan bobot kendaraan tidak over load," katanya.

Terakhir, perhatikan kondisi ban, jika sudah aus atau terlalu banyak pengikisan sebaiknya mengganti ban dengan yang baru.

otomotif.antaranews.com


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.