Perbandingan dan Perbedaan Modem HSDPA dan EVDO

Perbandingan dan Perbedaan Modem HSDPA dan EVDO - yang sangat pesat akhir2 ini menghadirkan bermacam pilihan akses data yang beragam bagi kita. Namun, ada dua jenis jaringan (cellular) yang beroperasi di Indonesia, yaitu GSM (Global Sellular Mobile) dan CDMA (Coded Division Multiple Access). Seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi kedua jaringan tersebut, sekarang telah muncul didepan kita teknologi HSDPA yang berada dalam jaringan GSM dan EVDO yang berada dalam jaringan CDMA

HSDPA
HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) tidak lain adalah pengembangan dari teknologi WCDMA. HSDPA meningkatkan jalur evolusi data untuk penggunaan kapasitas yang lebih besar hingga 14 Mbps. Pada awalnya HSDPA di Indonesia dikenalkan pada kecepatan hingga 3,6 Mbps dan dikembangkan hingga 7,1 Mbps.
Pemakaian HSDPA dapat mendownload file hingga mencapai 3,6 Mbps, juga untuk video streaming pengguna hingga kecepatan 300 Kbps. Akan tetapi ketika terjadi penurunan sinyal jaringan, teknologi ini bisa jadi akan mengalami penurunan ke jalur 3G hingga 2,5G atau bahkan ke GPRS. 


 

Kelebihan HSDPA adalah mengurangi tertundanya pengunduhan data (delay) dan memberikan umpan balik yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi interaktif seperti mobile office atau akses Internet kecepatan tinggi untuk penggunaan fasilitas permainan atau mengunduh audio dan video. Kelebihan lain HSDPA, meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan. Hal ini menyebabkan berkurangnya biaya layanan mobile data secara signifikan.

EVDO
EVDO singkatan dari (Evolution Data Optimized /Evolution Data Only), adalah standar pada wireless broadband berkecepatan tinggi. Terminologi EVDO dipopulerkan pertama kalinya oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, juga dikenal dengan nama EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO. EVDO berbeda dengan HSDPA karena EVDO berada dalam jaringan CDMA, yang menggunakan metode matematis untuk dapat melewatkan penggunaan perangkat nirkabel dalam mengirim data secara bersamaan pada frekuensi yang sama.
Teknologi EVDO tercipta dari pengembangan teknologi yang telah dikembangkan Qualcomm, yang merampingkan/menekan banyaknya frekuensi radio pada gelombang FM, sehingga tidak banyak data yang memanfaatkan bandwith tersebut. Secara teori, kecepatan EVDO dapat mencapai 2,4 Mbps hingga 3-6 Mbps.Keunggulan EVDO dibandingkan HSDPA adalah jika terjadi penurunan kulitas sinyal, EVDO masih tetap berjalan dengan lancar..


Nah untuk pilihan kembali jatuh pada prerogatif kalian sob, terserah mau pilih yang mana soalnya selain ada kelebihan dan kekurangannya kecepatan download masih sangat tergantung sama kekuatan jaringan tersebut didaerah kamu+plus banyaknya user yang sedang menggunakan jaringan itu.

Nah sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.pandaanku.com/2011/04/mau-pilih-akses-modem-hsdpa-atau-evdo.html


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.