Teringat Rebo Kasan

Sebenernya tadi saya alias a-chen ini pengin melanjutkan postingan dengan label puisi asal ataupun malahan label asal nyepak yang lebih ngasal lagih...hihihiih.

Cuman tadi lewat obrolan ngalor ngidul ama temen, saya baru nyadar kalo hari ini itu Rebo Kasan. Jadi supaya Rebo Kasan ini tersejarahkan di Blognya a-chen a.k.a Blog Cendrawasih ini akhirnya saya mencoba menulis sedikit tentang Rebo Kasan ini.

Bicara tentang Rebo Kasan, setahu Saya Rebo Kasan adalah hari Rabu Terakhir pada Bulan Safar. Bulan kedua di tahun hijriyyah,Yang mana Bulan ini termasuk bulan sunnahnya Nabi SAW,Beliau menamakannya Safar Al-Khair.Bulan Safar juga merupakan bulan di mana Allah menurunkan 'Kemarahan' dan Hukuman ke atas dunia.Khususnya saat Rebo Kasan.Oleh sebab itu acara Rebo Kasan ini biasanya di isi dengan pembacaan doa2 tolak bala, sholat sunnah dan sebagainya.

Dua tahun yang lalu, Saya ikutan merayakan Rebo kasan yaitu dengan cara berkumpul di pagi hari sekitar jam 06.00 di Musholla.Dengan membawa jamuan ketupat opor ayam , ayam goreng, ayam bakar dan lain-lain. Acara dipimpim oleh imam masjid dan diiringi dengan tahlil dan tahmid serta diakhir dengan do’a tolak bala. Tak lupa meminum air doa tolak bala, dimana air itu adalah air dari larutan kertas yang bertuliskan ayat salamah tujuh. Dan setelah itu, peserta memakan jamuan bersama sama.

Saya sendiri sih suka suka ajah dengan acara Rebo Kasanan ini, disamping mempererat tali silaturahmi juga ada ketaqorruban disana. Dan lebih nikmat dari sholat tarowih 20 rakaat, karena ada makan2nya. hehehehe

Dan sayang sekali tahun ini saya rebo kasanannya hanya menulis postingan 'Teringat Rebo Kasan' Saja. :-(

Salam...


Category Article , ,

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.