Secuil Tentang Ketoprak


Dulu sewaktu saya kecil, kira2 seumur anak kelas 5 sd. saya inget almarhum bapak saya demen banget dengan acara ketoprak ini.Kalau nggak salah acara ketoprak ini ditayangkan di tvri seminggu sekali. jelas ketoprak yang dibahas bukan ketoprak sejenis makanan yang ada lontongnya,bihun, kerupuk, tahu trus diguyur sambel kacang ama di kecrutin kecap. *ups, emang ketoprak ada tahunya nggak sih?* koreksi bila saya salah ya

Ketoprak yang bukan ketoprak sejenis makanan ini adalah sejenis teater tradisional, atau drama tradisional indonesia yang bisa dikategorikan farce karena isinya biasanya merupakan komedi yang memancing rasa tawa dan geli. Komedinya biasanya karena ada kata2 yang agak 'kotor' atau tak layak ucap atau malahan biasanya juga tingkah megang kepala atau nonyol. pokoke bau farce wis, kata buku sastra indonesia. :-)

Seingat saya, biasanya latar cerita ketoprak ini adalah cerita2 rakyat yang sudah melegenda ataupun kerajaan2 di jawa tengah jawa timur pada khususnya. Dan seingat saya lagi, waktu tahun 90an itu sisi kelucuan terletak di banyolan banyolan blodor. Blodor yaitu semacam peran figuran yang tujuannya memang untuk melucu atau menghibur di sela jalannya cerita. Namun setelah ada ketoprak humornya srimulat, yaitu sekitar tahun 2 ribuan, ehnnnggg koreksi bila saya salah lagi tentang tahunnya. Ketoprak menjadi bener2 lucu dan kayaknya nggak bisa mbedain mana blodor dan mana pemeran utamanya. karena iyyyaaa itu tadi semuanya lucu. :-)

Dan mungkin hanya itu 'ilmu' saya yang bisa saya kalamkan(baca tuliskan) tentang ketoprak ini. Ternyata memang Benar bahwa apa yang dikalamkan itu sesuai dengan ilmu yang dipunyai.Semakin luas pengetahuannya(ilmunya) tentu semakin banyak pula yang bisa diceritakan. Dan ilmu saya tentang ketoprak ini ternyata hanya seperti yang diataslah yang bisa disampaikan.
Maaf dan Salam Ya...

****
sumber gambar:http://images.search.yahoo.com/images/view?back=http%3A%2F%2Fimages.search.yahoo.com%2Fsearch%2Fimages%3Fp%3Dgambar%2Bketoprak%26ei%3DUTF-8%26fr%3Dffds1%26fr2%3Dtab-web&w=80&h=53&imgurl=techno.okezone.com%2Fphoto%2Fglli%2Fphoto%2F2009%2F07%2F07%2F16%2F3218%2Fimage2_thumb.JPG&rurl=http%3A%2F%2Ftechno.okezone.com%2Fview%2F2009%2F07%2F07%2F16%2F3218%2Fhari-jadi-postel-rayakan-dengan-ketoprak&size=5k&name=image2+thumb+JPG&p=gambar+ketoprak&oid=c26f89298a75e8bc&fr2=tab-web&no=7&tt=9&sigr=12qep1ku1&sigi=127ou7i9q&sigb=12skcjd9k


Category Article ,

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.