Inversi dalam Puisi

Seperti yang pernah Saya tuliskan bahwa menurut Menurut Marjorie Boulton Unsur unsur yang membangun sebuah puisi adalah terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian bentuk fisik dan bagian bentuk secara mental.

Dimana bentuk secara fisik yaitu apa yang terlihat secara lahiriah; seperti nada dan larik puisi, termasuk di dalamnya irama, intonasi dan perangkat kebahasaan lainnya.
Sedangkan bentuk mentalnya mencakup arti dan tema tentang apa sih maksud dari tatanan bentuk fisik tadi.

Nah Kaitannya dengan judul, yaitu Inversi dalam puisi, Inversi ini termasuk dalam perangkat atau alat kebahasaan lainnya yang termasuk dalam unsur unsur puisi pembentuk fisik atau lahiriah puisi ini.

Pada dasarnya sih Inversi ini digolongkan ke dalam diksi; yaitu kata kata penyusun puisi yang sifatnya sebagai pengimagian. Seperti kombinasi kata, entah itu penjajaran makna, majas, perumpamaan ataupun repetisi, simbol simbol maupun enjambemen dan tipografi.

Inversi disini adalah salah satu gaya pemanfaatan dalam puisi dimana arti atau definisinya sendiri adalah gaya yang membalikkan urutan subyek dan predikat Atau membalikkan pola susunan kata dalam suatu frase.

Tujuannya sih untuk penegasan ide atau perasaan sebagai pencari efek tertentu bagi pembacanya.

Dan jelas kalau inversi ini nylenehi bahasa formal.

Efek efek dari inversi tadi sekali lagi hanya untuk menimbulkan efek puitis saja, jadi tak selamanya penyair memakai inversi ini dalam setiap puisi atau syairnya.

Mungkin gaya inversi ini sering dipakai(setahu saya) oleh Aephobia; blogger puisi yang dinamai penyair selatan oleh mas Aulawi ahmad, dalam karya karya puisinya.

Contoh pemakaian inversi dalam puisi yang mungkin akrab di telinga, ehm maksudnya pernah dipakai oleh maestro maestro penyair terkenal adalah seperti:

Ini muka penuh Luka (Chairil Anwar)
Tunduk terbungkuk matanya sangat papa(Taufik Ismail)
Meluas Pandangku meninjau cita cita abadi(Umar Ismail)
Pulang padamu segala suara(Trisno Sumardjo)

Nah seperti itu saja setahu saya tentang inversi dalam puisi yang saya ambil dari berbagai sumber.

Salam...


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.