Gejala Umum Diabetes Mellitus


Gejala Umum Diabetes Mellitus - Diabetes mellitus (DM) adalah suatu penyakit karena kelebihan gula darah dalam tubuh anda. Gejala Umum Diabetes Mellitus ini bisa dapat menyerang siapa saja baik pria ataupun wanita, penyakit ini tidak dapat disembuhkan tetapi anda dapat menjaganya supaya kadar gula darah dalam tubuh anda normal.

DM dibagi menjadi 2 fase, Akut dan kronik. Untuk yang fase akut, biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Tetapi untuk fase yang sudah kronik, biasanya menunjukkan gejala seperti sering keluarnya keringat dan terasa manis jika terkena mulut dan lidah, kaki borok, dll. Tidak ada salahnya jika anda rutin memeriksa kadar glukosa dalam darah anda minimal 1 tahun sekali ke laboratorium.

Jika anda rutin memeriksa kadar gula darah anda ke laboratorium dan memang terjadi DM, lakukan kontrol ke dokter anda supaya penyakit DM ini bisa dicegah secepatnya. Karena jika penyakit ini dibiarkan terlalu lama, bisa berdampak kepada penderita, keluarga, bahkan keturunan anda.

Banyak gejala yang bisa ditimbulkan oleh penyakit DM, dan ini dibagi menjadi 2 tipe. Tetapi saya akan menjelaskan gejala penyakit DM secara umum dan semoga ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk anda.

Haus dan Lelah
Penderita DM akan merasa cepat haus, kenapa ? karena penderita DM sering kekurangan glukosa dalam tubuhnya dan glukosa tersebut tidak dipakai untuk energi melainkan diarahkan ke saluran urin anda. dan jika anda kekurangan glukosa, anda juga sering merasa lelah karena anda kekurangan energi.

Seringnya Buang Air Kecil
Metabolisme glukosa anda yang seharusnya tidak dikeluarkan di urin anda, malah dikeluarkan. Ini yang menjadikan anda sering mengalami buang air kecil.

Penglihatan Kabur
Karena anda tidak mendapatkan kadar glukosa yang cukup, anda sering merasa lelah. Apalagi jika anda terlalu capek dan kurangnya asupan makanan. Ini akan membuat penglihatan anda menjadi kabur.

Mual dan Muntah
Kadar glukosa yang berlebihan juga akan membuat anda merasa mual dan akhirnya muntah.

Penurunan Berat Badan
Kenapa berat badan bisa menurun ? logikanya, jika asupan glukosa anda rendah, tubuh tidak bisa memproduksi energi yang baik. Jika anda sering mengalami kekurangan energi, ini yang bisa menyebabkan penurunan berat badan. Sama saja dengan anda yang bekerja keras tetapi asupan makanan anda kurang, berat badan anda akan menurun.



Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.