Renault Twingo RS, mobil yang dipasarkan hanya di 7 negara

Renault Twingo Gordinin RS
Renault Twingo Bergaya Red Bull Racing RB7

Renault memanfaatkan keberhasilan mesin yang digunakan oleh beberapa tim balap Formula 1, khususnya Red Bull Racing yang menjadi juara, baik konstruktur maupun pembalap pada tahun lalu. Untuk meningkatkan daya tarik mobil kecilnya, Twingo, Renault memperkenalkan edisi khusus. Nama yang diberikan adalah Twingo R.S. Red Bull Racing RB7 yang menggabungkan unsure gaya dan penampilan sporti. Untuk itu, mobil kecil ini dipasangi pelek dan ban 17 inci. Tambahan lain adalah R.S. Monitor (sistem telemetri) dan atap dengan cat berbentuk bendera Renault Sport, khusus Red Bull Racing.

Hanya di 7 negara

Menurut Renault, edisi khusus Twingo ini hanya dijual di 7 negara, yaitu Jerman, Austria, Perancis, Belgia/Luksemburg, Jepang, Hongaria, Republik Czech, Slowakia, Polandia dan Swiss. Pesanan atau pre-order mulai dibuka Juni mendatang depan. "Twingo R.S Red Bull Racing RB7 adalah paket yang dikembangkan oleh Renault Sport Technology. Kehebatannya dikaitkan dengan Renault Sport F1, khususnya Red Bull racing," jelas Olivier Tschanhenz, Manajer Produk Twingo Renault Sport dalam rilisnya.

Mobil ini menggunakan mesin 1.6 liter, 16 katup yang menghasilkan tenaga 133 PS (98 kW) @6.750 rpm dan torsi maksimal 160 Nm @4.400 rpm. Klaim konsumsi bahan bakar, 15 km/liter.

Lebih ceper

Ciri khas edisi khusus ini, menggunakan sasis yang disebut Renault 'Cup', lebih ceper 4 mm dibandingkan versi Sport. Per suspensinya juga diperkuat 10 persen untuk meningkatkan pengendalian atau mengurangi gejala oleng.

Tampilan wajah depan disertai dengan bemper bergaya Formula 1, sementara rasa sport di belakang diaksentuasikan dengan lengkungan rumah roda yang lebih besar plus spoiler dan difuser. Juga digunakan warna khusus, yaitu Pearlescent Black yang menciptakan nuansa kontras dengan bagian yang dicat kuning (Sirius Yellow). Lainnya, spoiler atas belakang, rumah spion luar bergaya F1. Sedangkan Interior, benang jahitan untuk lingkar setir dan jok dipilihkan warna kuning.

otomotif.kompas.com


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.