Perawatan sepeda motor injeksi itu mudah dan murah

YZF-R15
Perawatan Injeksi Itu Mudah dan Murah

Sekarang eranya sepeda motor injeksi. Teknologi pengabut bahan bakar ini mulai dipasarkan pada model-model entry level, di antaranya Mio J dan Soul GT oleh Yamaha. Masalahnya, sepeda motor injeksi, di benak konsumen masih tergambar 'ribet' dan mahal! "Asumsi ini yang coba kita hilangkan. Yamaha itu siap dengan teknologi injeksi yang mudah dan murah perawatannya. Kami siap dengan 2.500 jaringan di seluruh Indonesia," komentar Muhammad Abidin, Assistant GM Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Jakarta Pusat, Rabu (30/5/2012).

Untuk membuktikan ini, Yamaha Indonesia mengajak belasan wartawan melakukan praktik menyervis sepeda motor injeksi dalam "Workshop YMJET-FI untuk Media" di DDS Yamaha, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Dalam acara ini, KompasOtmotif bersama peserta lain diberikan materi terkait teknologi injeksi Yamaha sekaligus praktek langsung servis sendiri layaknya montir profesional di bengkel resmi.

Tiga Cara

Untuk Yamaha, ada tiga cara bisa dipilih konsumen dalam merawat sistem injeksi.

Pertama, menggunakan PEA Carbon Cleaner. Cairan ini cukup dituangkan ke tangki bahan bakar ketika mau isi bensin. Dengan zat aktif yang terkandung di dalamnya, bisa mereduksi kadar karbon (kotoran) yang ada dalam injektor atau ruang bakar. "Produk ini kami fokuskan untuk daerah-daerah yang belum banyak bengkel Yamaha-nya. Sehingga konsumen bisa merawat sendiri setiap 10.000 km," beber Abidin.

Kedua, Yamaha bersama 3M juga mengembangkan cairan khusus pembersih injeksi "3M Throttle Body Cleaner dan Fuel Injection Cleaner". Metode ini ditawarkan oleh bengkel resmi Yamaha karena butuh beberapa perlengkapan khusus. Selain membersihkan sistem injeksi juga ruang bakar. Kelebihan sistem ini, perawatannya lebih ringkas dan hanya butuh waktu 10 menit.

Cara ketiga, menggunakan alat khusus "Yamaha Injection Cleaner" yang bisa membersihkan injektor juga bisa mengetahui seberapa rusak kondisi semprotan injektor ke ruang bakar. Alat ini memiliki dua tabung untuk melakukan tes volume dan sebuah ruang kaca untuk melihat arah semprotannya. Satu lagi fasilitasnya adalah sebuah wadah kecil untuk membersihkan injektor itu sendiri.

KompasOtomotif menyimpulkan, teknologi injeksi pada sepeda motor itu akan sulit kalau tidak dipahami. Kalau sudah mengerti, justru lebih 'simple'.

otomotif.kompas.com


Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.