Manfaat Dari Pengolahan Minyak Bumi



Minyak Bumi

Manfaat Dari Pengolahan Minyak Bumi - Produk Hasil Pengolahan Minyak Bumi adalah bahan bermanfaat yang berasal dariminyak mentah (minyak bumi) setelah diproses di pengolahan minyak. Menurutkomposisi dan permintaan minyak mentah, pengolahan dapat memproduksi berbagaijenis produk minyak bumi. Produk minyak terbesar digunakan sebagai energi;bermacam tingkatan minyak bahan bakar dan bensin. Hasil Pengolahan Minyak Bumitersebut seperti LPG, Bensin, Nafta, Kerosin, Solar, Oli, Lilin, Minyak Bakar, Bitumen.

1. LPG (Liquified Petroleum Gas)
Gas dari hasil distilasi ( adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkanperbedaan kecepatan atau kemudahan menguap ) yang dipergunakan untukkeperluan bahan bakar rumah adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yangterutama terdiri darimetana CH4). Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gasBumi dan juga tambang batu bara.

Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakterianaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil, maka ia disebut biogas. Sumberbiogas dapat ditemukan di rawa-rawa, tempat pembuangan akhir sampah, sertapenampungan kotoran manusia dan hewan.

2. Bensin
Bensin adalah cairan campuran yang berasal dari minyak bumi dan sebagian besar tersusun dari hidrokarbon. Bensin banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor seperti sepeda motor.

Beberapa jenis bensin yang dikenal di Indonesia diantaranya:
• Premium, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 87
• Pertamax, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 92.
• Pertamax Plus, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 95.
• Pertamax Racing, produksi Pertamina yang memiliki Oktan 100. Khusus untukkebutuhan balap mobil.


3. Minyak Solar
Solar adalah fraksi minyak bumi dengan titik didih antara 270-350°C. Minyak Solar biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin diesel pada kendaraan bermotor seperti bus, truk, kereta api dan traktor .

Minyak Solar biasanya digunakan sebagai :
-Pada bahan bakar motor, diesel tipe besar (seperti Bus & Truk )
-Memproduksi uap
-Mencairkan hasil peridustrian
-Membakar batu
-Mengerjakan panas dari logam

4. Minyak Pelumas
Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya cairan, yang diberikan di antara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek.

Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaanyang berhubungan. Umumnya pelumas terdiri dari 90% minyak dasar dan 10% zattambahan.
Salah satu penggunaan pelumas paling utama adalah oli mesin yang dipakai padamesin pembakaran dalam.
Kegunaan minyak pelumas diantaranya mencegah karat dan mengurangi gesekan.


5. Bitumen (Aspal)
Aspal ialah bahan hidro karbon yang bersifat melekat berwarna hitam kecoklatan,tahan terhadap air. Aspal sering juga disebut bitumen. Aspal atau bitumen adalahsuatu cairan kental yang merupakan senyawa hidrokarbon dengan sedikitmengandung sulfur, oksigen, dan klor. Aspal sebagai bahan pengikat dalamperkerasan lentur mempunyai sifat viskoelastis. Aspal akan bersifat padat pada suhuruang dan bersifat cair bila dipanaskan. Aspal merupakan bahan yang sangatkompleks dan secara kimia belum dikarakterisasi dengan baik. Kandungan utamaaspal adalah senyawa karbon jenuh dan tak jenuh, alifatik dan aromatic yangmempunyai atom karbon sampai 150 per molekul. Kegunaan aspal adalah untukmelapisi permukaan jalan.



Category Article

What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.